Sayur Yang Baik Untuk Di Makan Setiap Hari

Sayur hijau memang diketahui baik buat kesehatan. Tahukah Kamu, tidak hanya sayur hijau, sayur berwarna merah ikut mempunyai banyak faedah? Menurut Mayo Clinic, sayur merah misalnya tomat serta paprika bisa menolong turunkan resiko menanggung derita diabetes, osteoporosis, serta cholesterol tinggi. Kandungan fitonutriennya yang memberi warna merah ikut mempunyai faedah yang besar buat kesehatan. Bahkan juga, makin gelap warna merah yang dibuat, makin tinggi juga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut beberapa sayur merah yang diketahui baik buat kesehatan.

artikel terkait : herbal makassar

Beberapa jenis sayur merah yang memiliki nutrisi tinggi
1. Bit
Menurut United States Department of Agriculture (USDA), bit adalah salah satunya sayuran yang mempunyai kandungan anti-oksidan paling tinggi. Diluar itu, sayuran ini pula adalah sumber yang kaya kalium, serat, folat, vitamin C, serta nitrat. Riset paling baru tunjukkan jika sayuran ini bisa menolong turunkan desakan darah, memperlancar perputaran darah, serta tingkatkan ketahanan badan.

Untuk hasil yang optimal, Kamu bisa coba memanggang sayuran bit dengan dikit minyak serta menumisnya dengan sayur hijau yang kaya vitamin A, C, serta K. Kamu dapat juga membuat juice dari sayur ini, akan tetapi beberapa periset tidak merekomendasikan untuk minum juice ini sehari-hari sebab bisa mengakibatkan mengkonsumsi yang terlalu berlebih. Coba mengonsumsi sayuran ini seringkali dalam satu minggu serta mencampurkan juice bit dengan buah-buahan atau sayur lainnya untuk hindari mengkonsumsi yang berlebihan.

2. Kubis merah
Kubis ini umumnya seringkali diketemukan dalam warna ungu di banding merah. Warna gelapnya datang dari anthocyanin, satu anti-oksidan kuat yang bisa turunkan resiko masalah otak, kanker, serta penyakit kardiovaskular.

Kubis merah kaya vitamin serta mineral. Satu gelas sayur ini bisa penuhi 85% dari keperluan vitamin C harian Kamu, 42% keperluan vitamin K, serta 20% keperluan vitamin A. Diluar itu, sayuran ini pula adalah sumber yang kaya serat, vitamin B6, kalium, serta manggan.

Untuk memperoleh nutrisi yang maksimal, Kamu dianjurkan untuk konsumsi sayur ini dalam kondisi mentah. Bila ingin memasaknya, yakinkan Kamu merebusnya dengan sesedikit mungkin air, serta dalam durasi yang sesingkat mungkin untuk menjaga kandungan anthocyanin, glucosinolate, serta zat yang lain. Kubis yang difermentasikan ikut baik buat kesehatan sebab memiliki kandungan bakteri yang baik buat badan.


3. Tomat
Sayur ini pasti tidak asing kembali dalam kehidupan keseharian. Tomat adalah sumber yang kaya lycopene—sebuah zat karoten, vitamin C, serta kalium. Menurut National Institute of Health, seputar 85% lycopene pada makanan Kamu berasl dari tomat.



Kamu bisa memproses tomat dengan beberapa langkah. Akan tetapi memasak tomat dengan dikit minyak adalah langkah terunggul untuk bikin badan gampang menyerap lycopene yang terdapat di dalamnya.

4. Paprika merah
Paprika merah memiliki kandungan keperluan harian dari vitamin A yang Kamu butuhkan, 3x keperluan vitamin C Kamu, serta memiliki kandungan 30 kalori. Sayuran ini adalah pilihan yang pas untuk tingkatkan skema pertahanan badan serta membuat kulit lebih bersinar. Kandungan vitamin C yang tinggi, membuat paprika merah berguna membuat perlindungan badan dari infeksi. Kamu bisa mengkonsumsinya dalam kondisi mentah atau masak untuk mendapatan kandungan yang ada di dalamnya, misalnya vitamin B6, vitamin E, serta folat.

5. Lobak merah
Tanaman yang masih tetap termasuk dalam keluarga lobak ini mempunyai perasaan yang dikit pedas. Lobak atau radish merah memiliki kandungan banyak vitamin C, folat, serta kalium. Kandungan nutrisi yang tinggi serta kandungan kalorinya yang rendah jadikan radish merah pas untuk jadikan camilan. Tidak misalnya biskuit, kandungan serat yang tinggi bisa membuat Kamu cepat terasa kenyang.

6. Cabai merah
Satu ons cabai merah bisa memiliki kandungan 2/3 dari keperluan harian Kamu akan vitamin C, magnesium, tembaga, serta vitamin A. Diluar itu, kandungan capsaicin pada cabai merah bisa menolong kurangi ngilu. Beberapa periset ikut tengah mengkaji capsaicin dalam peranannya menjadi senyawa anti-kanker.

7. Selada merah
Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kandungan nutrisi pada selada merah bisa menolong membuat perlindungan Kamu dari kanker serta menghalangi penuaan. Sisi daunnya yang berwarna merah serta gelap pada umumnya memiliki kandungan semakin banyak nutrisi misalnya anti-oksidan serta vitamin B6 dibanding sisi yang berwarna hijau cerah. Diluar itu, sayur ini pula banyak terkandung vitamin A serta vitamin K. Daun selada merah memiliki kandungan 95% air, oleh karenanya, daun ini bisa mengawasi Kamu supaya masih terhidrasi dengan baik.

8. Bawang merah
Tanaman yang sering jadi bumbu masak ini memiliki kandungan banyak nutrisi yang menyehatkan buat badan. Kandungan senyawa-senyawa organosulfurnya bisa tingkatkan skema pertahanan badan, turunkan produksi cholesterol, serta mengawasi manfaat hati. Diluar itu, kandungan allyl sulfide dalam bawang merah dapat juga bertindak menantang kanker serta penyakit jantung. Kandungan serat dalam bawang merah dapat juga memberi dampak yang menyehatkan buat usus.

9. Kentang merah
Academy of Nutrition serta Dietetics menyarankan untuk mengonsumsi kentang, sayur hijau, serta tomat untuk tingkatkan konsumsi kalium serta mengawasi kesetimbangan desakan darah Kamu. Diluar itu, kentang merah mempunyai nilai lebih, tanaman ini pula seperti akan kalium, vitamin C, thiamin, serta vitamin B6. Kulit kentang merah ikut kaya serat serta vitamin, oleh karenanya, sangat baik bila Kamu bisa konsumsi kulitnya.

baca juga : gasa oil makassar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Manfaat Dari Kacang Hijau